Gebyar Gerakan Indonesia Membaca Di Kabupaten Bolmut dilaunching

Matapena.net, BOLSEL – Bersama wakilnya Hi Amin Lasena, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Hi Depri Pontoh, menghadiri acara launching Gebyar gerakan Indonesia membaca (GIM) di Bolmut, bertempat di Lapangan Kembar Boroko (LKB), Kecamatan Kaidipang, Selasa (30/11/2021).

Launching GIM di Bolmut, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Sub koordinasi fungsi tata kelolah Direktorat PKMP Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia (RI) Catur Budi Santisa. 

Mengawali sambutannya top eksekutif Bolmut ini mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Bupati berharap, dilaunchingnya GIM di Bolmut ini, dapat menumbuhkan semangat dan memotivasi seluruh lapisan masyarakat, untuk berperan aktif dalam meningkatkan minat baca di wilayah yang ia pimpin.

“Dengan membaca, hal yang kita tidak tahu akan menjadi tahu. Oleh sebab itu, saya berharap masyarakat Kabupaten Bolmut harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai salah satu prasyarat kecakapan hidup abad ke-21, melalui pendidikan yang terintergrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan Masyarakat,” kata Bupati.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menuturkan, untuk menumbuhkan minat baca masyarakat harus dimulai sejak usia dini.

“Nah, untuk mendukung hal ini, dibutuhkan peran aktif keluarga. Semuanya harus dimulai dari kalangan keluarga sebelum masuk pada dunia pendidikan. Peningkatan Sumber daya manusia (SDM) merupakan tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

Lanjutnya, minat baca yang tinggi didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, serta mampu mendorong kebiasaan  membaca dan menulis, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Gerakan Indonesia membaca (GIM) sebagai bagian dari implementasi peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan Budi Pekerti. Gerakan ini bertujuaan, untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup,” pungkasnya.

Turut Hadir, Ketua TP PKK Bolmut Hj. Ainun Pontoh Talibo bersama wakilnya Hj Siti Safwania Djenaan, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiraso SIK, para asisten Sekda, staf ahli dan staf khusu, Pimpinan OPD, dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *