Jadi Tempat Studi Banding dari Bumdes Makasiow, Ketua Bumdes Bolugo Sampaikan Ini

Matapena.net – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bolugo, hari ini secara resmi menerima kunjungan dari Rombongan Bumdes Makasiow, Desa kayuuwi, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, Senin (16/05/2022)

Ketua Bumdes Bolugo Abd. Muin Lamela menyampaikan kedatangan Pemdes Kayuuwi dan Pengurus Bumdes Makasiow adalah untuk mengetahui cara pengelolaan dana serta aset yang dimiliki.

Bacaan Lainnya

“Iya, tadi pagi kami menerima sekitar 20 orang rombongan studi banding dari Bumdes Makasiow yang di pimpin langsung oleh Hukum Tua (Kepala Desa, red) Kayuuwi,” ujar lamela saat diwawancarai media ini.

Kepala desa atau Hukum Tua Kayuuwi saat menyampaikan alasannya memilih studi banding di Desa Boroko Timur serta tanggapannya terkait keberadaan Bumdes Bolugo, di salah satu kedai yang berada di sekitaran wisata Pantai Batu Pinagut, Kabupaten Bolmut, Senin (16/5/2022). Foto: Dok. Pengurus Bumdes

Lamela menuturkan pihaknya sangat bersyukur atas kunjungan tersebut, sebab ini menjadi pertanda bahwa keberadaan dan keaktifan Bumdes Bolugo telah menjadi salah satu pilihan tempat untuk belajar dan memahami terkait pengelolaan Bumdes bagi desa lainnya, di Provinsi Sulawesi Utara.

“Secara pribadi kami pengurus Bumdes Bolugo bangga atas kunjungan ini. Karena mungkin Bumdes Bolugo adalah satu-satunya Bumdes di Bolmut yang telah kedatangan rombongan studi banding. Saya juga berharap dengan adanya kunjungan tersebut dapat menjadi spirit bagi pengurus bumdes untuk terus berkarya guna meningkatkan perekonomian di Desa Boroko Timur,” ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Kayu uwi Willem raintung selaku pimpinan rombongan tersebut, saat diwawancarai media ini di sela-sela kegiatannya, menyampaikan, alasan pihaknya memilih Bumdes Bolugo sebagai tempat studi banding karena dari segi pemanfaatan dan pemberdayaan anggota serta masyarakat setempat, Bumdes Bolugo telah dianggap sukses. Bahkan program kerja Bumdes ini sudah terarah.

Foto bersama anatara Pengurus Bumdes Bolugo dan Rombongan dari Desa Kayuuwi di kedai Kopi yang berada di Lokasi wisata Batu Pinagut, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Senin (16/05/2022). Foto : Dok Pengurus Bumdes Bolugo

“Jadi jangan heran kalau tingkat kesejahteraan anggota Bumdes Bolugo terpenuhi. Karena keaktifan serta program Bumdes Bolugo sudah terarah dan tertata rapi. Pantas bumdes ini terus mengalami perkembangan. Apa lagi Pemerintah Desa Boroko Timur juga terus mendukung keberadaan Bumdes ini. Kami bersyukur dapat melakukan studi banding di sini,” ucapnya.

Raintung menambahkan pihaknya sangat terkesan dengan sarana dan prasarana serta kerja tim yang diperlihatkan Bumdes Bolugo, Baik dalam penataan admistrasi, keuangan serta proses pengelolaan usaha yang menjadi aset dari Bumdes Bolugo.

“Kalau penilaian kami, Keberadaan Bumdes Bolugo bisa dikategorikan sudah berada pada taraf berhasil untuk daerah baru. bahkan Bumdes ini telah mendapatkan mobil penunjang dari Kementrian Desa, sehingga pantas dan layak untuk menjadi pilihan studi banding bagi bumdes lainnya,” pungkas Raintung

(Zhandy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *