Pemkab Bolmut Pastikan Inovasi BURASA Optimis Bisa Tingkatkan APK PAUD

Matapena.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memastikan Inovasi Program Bergerak Bersama Bunda Paud Desa (BURASA) dapat meningkatkan angka partisipasi anak dalam mengenyam Pendidikan terutama dalam hal memenuhi program Pemerintah Pusat yakni Generasi Emas di tahun 2045

Bupati Depri Pontoh beserta seluruh instansi yang hadir di kegiatan Implementasi Inovasi Burasa, bertempat di Naulas Resort, Selasa (08/11/2022). Foto: Humas Pemda Bolmut

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Sulha Mokodompis, saat menggelar kegiatan Implementasi Inovasi BURASA, bertempat di Naulas Resort, Desa Paku Selatan, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolmut, Selasa (08/11/2022).

Bacaan Lainnya

Kadis Dikbud mengatakan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Kabupaten Bolmut, berdasarkan angka statistik kependudukan hingga periode 2021. Khusus untuk anak usia 5-6 tahun, telah berada diangka 98 persen.

“Khusus untuk anak usia 5-6 tahun hampir keseluruhannya telah bersekolah dijenjang taman kanak-kanak (TK). Tapi kalau dihitung dari usia 2-6 tahun untuk Bolmut Angka Partisipasi Kasar (APK) keseluruhan bagi anak, baru mencapai 60-an persen,” ujarnya.

Bupati Depri Pontoh beserta seluruh panitia pelaksana dan semua peserta yang terundang, melakukan sesi foto dengan pose Tolak Kekerasan Terhadap Anak, pada kegiatan Implementasi Inovasi Burasa yang bertempat di Naulas Resort, Desa Paku Selatan, Bolmut (Selasa/08-11-2022). Foto: Humas Pemda Bolmut

Dikegiatan itu juga, Mokodompis menuturkan adanya program Inovasi BURASA tersebut, bertujuan untuk memaksimalkan APK, khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan cara menggandeng Bunda Paud Desa di seluruh Bolmut sebagai pusat dari program ini.

“Kami optimis dengan adanya Peran dari Bunda PAUD Desa dan Kemitraan lainnya. Baik dari SKPD terkait maupun organisasi dan pelaku usaha yang tergabung didalamnya. APK PAUD di Bolmut bisa meningkat,” tuturnya.

Menambahkan apa yang disampaikan Kadis Dikbud, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Hilda Potabuga menyampaikan untuk saat ini Bolmut telah melebihi standar APK tingkat Nasional yakni 44,18 persen.

“Kami sangat yakin dengan hadirnya 106 Bunda PAUD Desa dan 1 Bunda PAUD Kelurahan yang telah mengikuti Bimtek beserta seluruh lembaga terkait. Kualitas hiber Holistik Integratif bagi anak yang meliputi aspek pendidikan dan kesehatan gizi, kesejahteraan dan berdimensi sosial, Budaya dan ekonomi dapat terjaga,” ucapnya.

Ketika hal ini telah terrealisasi dan terpublikasi dengan baik, lanjut Hilda, maka angka 90 persen bagi APK PAUD di Bolmut, pada jenjang 2 – 6 tahun, bukanlah hal yang tidak mungkin.

Diketahui kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh serta dihadiri seluruh Bunda Paud Desa dan Kelurahan, 4 Bunda Paud Kecamatan, Pimpinan-Pimpinan SKPD terkait. Selain itu juga turut hadir 2 narasumber lokal dan 1 narasumber yang berasal dari Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Utara.

(Zhandy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *