Wabup Bolsel Buka Bimtek Peningkatan Manajemen Satuan PAUD

Matapena.news, Bolsel – Bertempat di Hotel Aston Manado, Wakil bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid, membuka secara resmi kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Manajemen satuan PAUD, Selasa 9 Mei 2023.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Sekretaris daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy, Asisten III Rikson Paputungan, para staf khusus, staf ahli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para peserta ini, diawali dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Rante Hattani.

Bacaan Lainnya

Sementara Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid dalam sambutannya mengatakan, Bimtek ini sangat penting dan sangat baik diikuti oleh para tenaga pengajar. Karena, dengan adanya Manajemen dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), para pengelola atau pimpinan PAUD dapat dimudahkan dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan dalam lembaganya tersebut.

Disebutkannya pula bahwa perencanaan dalam penyelenggaraan PAUD harus dituangkan ke dalam visi misi lembaga, dan strategi untuk mencapai tujuannya.

“Usahakan dalam membuat perencanaan dilengkapi dengan tabel penjadwalan (time schedule) kapan program mulai dan selesai. Perencanaan ini akan membuat program berjalan matang dan tepat waktu,” kata Wabup.

“Selain itu, hal yang tidak kalah penting dalam keberhasilan program PAUD adalah pengorganisasian. Pembagian tugas secara profesional sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing disesuaika dengan sumber daya individu yang ada,” tambah wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, berkat manajemen PAUD, pengorganisasian akan dapat dilakukan dengan mudah karena komponen PAUD yang di dalamnya memiliki sumber daya yang dapat bekerja bersama-sama akan membentuk sebuah sistem untuk mencapai tujuan tertentu.

“Seorang pengelola atau pimpinan PAUD tidak boleh disibukkan dengan perkerjaan intern lembaga yang dipimpinnya. Ia harus berinovasi agar PAUD yang dipimpinnya dapat berkembang. Pengelolah PAUD juga harus turut terlibat dalam kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas,” jelasnya.

“Lewat manajemen PAUD juga, pengawasan akan menjadi lebih mudah karena pengelolah PAUD akan membagi pekerjaan terhadap individu-individu yang terlibat guna mencapai tujuan,” tutup Wabup mengakhiri sambutannya sembari mengimbau seluruh peserta untuk mengikuti bimtek ini dengan sebaik-baiknya.(Advetorial/feb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *