Pemkab Bolsel Peringati Harkitnas dan Hardiknas Tahun 2023

Matapena.news, Bolsel -Jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Upacara dalam rangka Memperingati  Hari Kelahiran Pancasila yang dirangkaikan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, bertempat di Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis 1 Juni 2023.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, membacakan amanat Mendikburistek Nadiem Makarim pada peringatan Hardiknas 2023.

Semua pihak katanya, harus bekerja sama dan bergerak bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk mencapai Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar kata bupati,  bertujuan memberikan kebebasan kepada semua peserta didik  menentukan jenjang, jalur, dan program pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing. “Sehingga tercipta lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan bermakna,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Bupati Iskandar mengajak insan pendidikan menyemarakkan Hardiknas dengan semangat perwujudan Merdeka Belajar.

“Mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” katanya.

Orang nomor satu di Bolsel ini juga menantang para guru untuk berinovasi mengembangkan dunia pendidikan di Bolsel. Ia memberi contoh, salah satu guru SMP Sinombayuga yang baru-baru ini mengharumkan nama daerah  dalam ajang Google For Education Leader Series 2023 dengan inovasi belajar offline serasa online memanfaatkan Chromebook.

“Pak Guru Salehuddin walaupun bukan asli Bolsel telah mengharumkan nama daerah di tingkat nasional dengan inovasinya. Saya tantang para guru khususnya anak daerah menunjukkan inovasi dan prestasi dalam mengembangkan dunia pendidikan di Bolsel. Ayo manfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar,” ajak bupati.

Selanjutnya, Bupati Iskandar membacakan sambutan Plt Menkominfo Moh Mahfud MD di peringatan  Harkitnas ke-115 yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia memaknai Harkitnas sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Sementara itu, peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Iskandar mengatakan, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, stabilitas sosial dan politik, inflasi terkendali, investasi tumbuh dan lapangan kerja bisa bertambah.

“Stabilitas dapat dijaga karena persatuan hingga gotong royong seluruh pihak. Nilai-nilai tersebut landasannya Pancasila yang diwariskan Presiden Sukarno,” kata bupati membacakan arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan Harla Pancasila.
Bupati juga mengajak masyarakat tetap memegang teguh ideologi Pancasila demi kemajuan bangsa Indonesia. “Mari terus tanamkan Pancasila dan aktualiasikan nilai-nilainya dalam bermasyarakat” kata bupati.
Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan bantuan laptop untuk sekolah, penyerahan piagam-piagam penghargaan untuk para guru, penandatanganan MoU dengan Universitas Ichsan Gorontalo dan pencanangan gerakan Merdeka Belajar di Bolsel.

Upacara diikuti Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, unsur Forkopimda, perwakilan instansi vertikal, Ketua TP PKK Ny Selpian Kamaru-Manoppo, Sekretaris TP PKK Ny Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, para Asisten, Staf Ahli dan Khusus, pimpinan PD dan jajaran ASN, seluruh guru dan siswa, serta OKP dan tokoh-tokoh masyarakat. (Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *