Bersama Gubernur Sulut, Pj Bupati Bolmong Canangkan Program Penanaman Jagung dan Holtikultura

Matapena.news, Bolmong – Usai menghadiri peresmian Rumah Sakit Pratama di Desa Modomang, Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menghadiri sekaligus mencanangkan program penanaman jagung dan holtikultura, di Desa Tungoi, Kecamatan Lolayan, Senin 19 Juni 2023.

Kedatangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Pj Bupati Bolmong dan rombongan, disambut antusias oleh seluruh masyarakat Kecamatan Lolayan, lebih khusus warga Desa Tungoi dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur Olly dalam penyampaiannya mengatakan, program ‘Marijo Ba Kobong’ merupakan program unggulan Pemprov Sulut. Program ini kata Gubernur, adalah program yang sudah digaungkan pemerintah provinsi sejak beberapa waktu lalu.

Hal ini kata Gubernur, untuk mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaat lahan-lahan tidur menjadi produktif, yang nantinya bisa menopang perekonomian masyarakat dan memenuhi kebutuhan terutama bahan makanan.

Program Marijo Ba Kobong menurut Gubernur sangat berhasil, sebab mampu menekan inflasi dari harga komoditas pangan, serta bertujuan untuk menurunkan jumlah kemiskinan dengan membuka lahan kosong guna menanam pangan sehingga memiliki nilai jual.

“Dengan kita memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman-tanaman yang bermanfaat, tentu itu akan menopang kebutuhan kita terutama ketahanan pangan dan perekonomian,” kata Gubernur.

Pemprov Sulut juga terus menggaungkan program Marijo Ba Kobong yang tak lain guna menindaklanjuti program pemerintah pusat ‘Mari Menanam’ oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjaga kedaulatan pangan.

Top eksekutif Pemprov Sulut ini, tak lupa mengajak semua pihak terutama masyarakat untuk bersama-sama mendorong perkembangan sektor pertanian tanaman jagung dan holtikultura di Sulawesi Utara, terutama di Bolmong. Sebab, menurutnya Jagung dan tanaman holtikultura sangat cocok di Sulawesi Utara dan bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Di Tempat yang sama, Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit mengungkapkan, gerakan ‘Igai Mononggoba’ ini merupakan bentuk ajakan pemerintah kepada masyarakat guna menjalankan instruksi Presiden dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

Menurut Limi, sektor pertanian menjadi strategi dan prioritas utama bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Bolmong kedepan.

“Pertanian kedepan diyakini dapat memberikan manfaat yang tidak cukup hanya peningkatan produksi tapi juga dapat menopang pertumbuhan ekonomi di daerah,” jelas Limi.

Dikesempatan itu, Mokodompit juga mengajak seluruh masyarakat untuk lebih bergiat lagi dalam memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekretaris daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, jajaran Forkopimda Bolmong, camat, sangadi, dan masyarakat.

Pencanangan program ini ditandai dengan penanaman bibit jagung oleh Gubernur Olly, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, Ketua DPRD Bolmong dan Sekda Tahlis Gallang. (Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *