Wabup Bolsel Buka Bimtek Penatausahaan dan Pengelolaan Dana BOSP dan Pendampingan Pemutakhiran Dapodik

Matapena.news, Bolsel – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) penatausahaan dan pengelolaan dana BOSP dan pendampingan pemutakhiran DAPODIK jenjang SD dan SMP Tahun 2023.

Kegiatan Bimtek yang digelar di Hotel The Sentra Manado, Jumat 14 Juli 2023 ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolsel, Deddy Abdul Hamid.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Wabup Bolsel mengatakan, Kemendikbudristek telah menghadirkan transformasi kebijakan terkait perubahan BOSP dengan mengatur penyaluran dana langsung dari rekening kas negara ke rekening satuan pendidikan dan untuk Kabupaten Bolsel tahun 2023 ini mendapat DAK Non fisik khusus BOSP sebesar Rp 12.454.620.000, yang terbagi atas BOSP untuk PAUD sebesar Rp 1.489.860.000, SD & SMP sebesar Rp 10.415.530.000, dan SKB serta PKBM sebesar Rp 549.230.000.

“Ini bukan angka yang sedikit oleh karena itu harapan saya dengan dana BOSP ini bisa membantu meningkatkan mutu pendidikan di Bolaang Mongondow Selatan,”.

 

“Kalian adalah garda terdepan dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan pendidikan di Bolsel, Marilah kerja ikhlas dan profesional dalam membagikan Ilmu kepada peserta didik,” ujar Wabup.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, seleksi program guru penggerak wajib diikuti oleh setiap guru yang memenuhi syarat. sehingga lebih banyak lagi guru penggerak  yang ada di bolsel.

“Kepada bapak ibu kepala sekolah agar bersikap proaktif atas temuan Inspektorat maupun BPK terhadap temuan penggunaan dana BOSP tahun 2022 kemarin. silahkan lakukan koordinasi dengan pihak terkait. jadikan pelajaran atas temuan tahun kemarin, saya berharap untuk tahun ini pengelolaan dana BOSP berjalan dengan lancar dan bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” tutup Wabup.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 270 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara dan operator.
Turut hadir Asisten III Setda Bolsel Rikson Paputungan, Pimpinan OPD, Kepala Sekolah se-Bolsel dan para peserta bimtek.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *