Pantai Pasir Putih di Kabupaten Bolmut, Koleksi Sampah Plastik

Matapena.News, Bolmut – Pulau Bongkil merupakan kebanggaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan pantai yang sangat luar biasa, kindahan dari pulau ini adalah hamparan pasir putihnya dan keanekaragaman kehidupan bawah laut.

Bongkil atau sering disebut juga dengan Pulau Bangkit dulunya pernah menjadi rebutan dua daerah, yaitu Kabupaten Bolmut dan Gorontalo karena letak posisinya yang belum jelas di waktu itu.

Bacaan Lainnya

Namun sayangnya pulau tersebut menjadi sarang sampah kiriman dari daerah sekitar dan juga negara tetangga.

Dari hasil pantauwan media ini saat mengunjungi pulau tersebut keberadaan bangunan yang mulai rusak dan sampah plastik yang tersebar diseluruh daratan pulau tersebut, Senin 17 juli 2023.

Menurut keterangan salah satu wisatawan lokal Aprisan Patilima, alangkah terkejutnya dirinya saat tiba di Pulau tak berpenghuni itu. Berharap sesampainya disana mata akan dimanjakan dengan pemandangan nan elok di pesisir pantai, namun justru hal yang dijumpai tak sesuai harapan. Mereka justru disambut tumpukan sampah dan puluhan ekor tikus.

“Kami tak bisa berkemah di Pulau ini, karena setok bahan makanan yang disiapkan habis dimakan tikus,” kata Aprisan kesal.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Bolmut agar dapat memperhatikan komitmen Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk menjaga keberlanjutan lingkungan laut di Tanah Air. “Semoga hal ini bisa mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah,” tutup Patilima. (Try L)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *