Hadiri Perayaan Hariraya Galungan di Desa Werdi Agung, Pj Bupati Bolmong Ajak Umat Hindu Pererat Kerukunan dan Persaudaraan

Matapena.news, Bolmong – Didampingi sejumlah pejabat teras Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Penjabat (Pj) Bupati Limi Mokodompit, menghadiri perayaan Hari besar Umat Hindu, Hariraya Galungan dan Kuningan.

Perayaan Hariraya Galungan yang berlangsung khidmad diawali dengan ibadah suci ini digelar didua tempat terpisah, yakni Desa Mopugad dan Desa Werdi Agung, Rabu 2 Juli 2023.

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit dalam sambutannya mengatakan, Hariraya Galungan merupakan hari besar dan istimewa Umat Hindu yang sarat akan nilai-nilai agama dan keyakinan terhadap Tuhan yang maha esa, serta ucapan syukur atas segala nikmat dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Melalui momentum suci ini, Pj Bupati berharap seluruh Umat Hindu yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow, khususnya di Desa Werdi Agung, terus memumupuk dan meningkatkan nilai spritual keimanan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wase.

“Hariraya Galungan adalah perayaan hari kemenangan dharma kebenaran melawan adharma kejahatan. Makna hari suci Galungan ini adalah bentuk peringatan agar manusia dapat menjaga keimanan dengan mengendalikan dirinya dari belenggu nafsu jahat, dan sifat negatif lainnya,” terang Bupati.

Ia berharap, melalui perayaan Hariraya Galungan seluruh umat Hindu akan mampu mengalahkan sifat-sifat jahat dalam diri dengan mengedepankan kebenaran.

Menutup sambutannya, Pj Bupati juga mengimbau dan mengajak seluruh Umat Hindu di Bolmong agar senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

“Keamanan dan ketertiban daerah kita Bolaang Mongondow, merupakan tanggungjawab kita bersama. Terlebih tahun ini sudah memasuki tahun politik. Oleh sebab itu, melalui momentum ini saya imbau kepada seluruh umat Hindu, mari bersama-sama kita jaga kondusifitas daerah dengan saling menghormati dan menghargai antar sesama umat beragama,” tutup Limi Mokodompit sembari mengucapkan Selamat Hariraya Galungan kepada seluruh umat Hindu di Kabupaten Bolmong.

Perayaan Galungan di Desa Werdi Agung ini, turut dihadiri oleh, Anggota DPR RI Djenri Keintjem, ketua DPRD Bolmong, Forkopimda, para asisten, pimpinan OPD, ketua DPD KNPI Bolmong, camat, Sangadi, dan Umat Hindu yang melaksanakan ibadah Hariraya Galungan. (Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *