Pj Bupati Bolmong Fasilitasi Deklarasi Damai Imandi-Tambun

Matapena.news, Bolmong – Perselisihan antara Kelurahan Imandi dan Desa Tambun, Kecamatan Dumoga Timur yang terjadi beberapa waktu lalu, akhirnya menemui titik temu. Disaksikan Penjabat Bupati (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, jajaran pemerintah daerah, dan Forkopimda, dua wilayah ini akhirnya menggelar deklarasi damai, di Perbatasan Imandi-Tambun, Rabu 2 Agustus 2023.

Acara yang diawali dengan penyampaian aspirasi dari tokoh masyarakat Kelurahan Imandi dan Desa Tambun ini, terpantau berjalan aman, dan lancar.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Limi Mokodompit dalam sambutannya mengapresiasi deklarasi damai yang berlangsung sukses. Menurutnya, jika dilihat secara struktural, dua wilayah ini Kelurahan Imandi dan Desa Tambun, dan semua wilayah di Kabupaten Bolaang Mongondow bahkan Bolmong Raya, adalah satu rumpun keluarga.

“Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama menjaga perdamaian ini, kita pererat kekeluargaan diantara kita agar kita semua terhindar dari konflik yang berkepanjangan,” imbau Bupati.

Perselisihan yang terjadi selama ini kata Bupati, menimbulkan rasa empati dan prihatin dari semua pihak, lebih khusus masyarakat Bolaang Mongondow.

“Mari kita sudahi konflik-konflik ini. Kita jaga keamanan wilayah kita. Karena jika perselisihan ini berkepanjangan akan menelan korban lebih banyak lagi. Kita jauhi konflik yang hanya akan memecah belah persaudaran kita semua,” tambah Bupati Limi.

“Terinformasi deklarasi damai ini sudah berkali-kali dilakukan. Namun konflik masih juga terjadi. Makanya kita semua berharap perdamaian berkali-kali ini perlu ada satu monumental yang mengingatkan kita, karena sesuatu yang baik maupun tidak baik itu kalau kita buat dalam tugu perdamaian itu akan mengingatkan kita semua bahwa tidak boleh lagi terjadi konflik itu,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, top eksekutif Bolmong ini berharap dengan adanya deklarasi damai yang digelar hari ini, tidak akan ada lagi konflik-konflik yang terjadi di wilayah Dumoga bersatu bahkan diseluruh wilayah Bolaang Mongondow. “Semoga dengan adanya perdamaian ini, persatuan, kekeluargaan, dan kerukunan didua wilayah ini bahkan di Dumoga raya akan terus terjalin baik kini, sampai selamanya agar wilayah kita tetap dalam kondisi aman dan kondusif,” tutup Mokodompit.

Deklarasi damai ini turut dihadiri, Ketua DPRD Welty Komaling, Kapolres Bolmong AKBP Arianto Salkery, Dandim 1303 Bolmong Lekol Inf Topan Angker, Perwakilan Kejaksaan, Pengadilan, para Camat, pimpinan OPD, para kepala desa serta tokoh masyarakat dari kedua belah pihak.(Cha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *