Hadiri Festival Mongulipot, Bupati Bolmong Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Matapena.news, Bolmong – Bersama sejumlah pejabat teras Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongongow (Bolmong), Penjabat (PJ) Bupati Limi Mokodompit menghadiri Festival Mongulipot yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, Kamis 18 April 2024.

Kegiatan yang sarat nilai-nilai budaya tersebut mengusung tema ‘Perkuat Silahturahmi, Bangun Kebersamaan, Kokohkan Persatuan Untuk Mencapai Masyarakat Madani’.

Bacaan Lainnya

Acara gebyar Mongulipot yang merupakan agenda tahunan Pemerintah Desa Mopait ini diawali dengan laporan kegiatan oleh Sangadi Desa Mopait.

Menurut Sangadi Mopait, kegiatan Mongulipot yang dilaksanakan usai lebaran Idulfitri ini digagas oleh pemerintah bersama seluruh masyarakat Desa Mopait. “Sekadar informasi, kegiatan ini dilaksanakan sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini. Sempat terhenti waktu COVID, dan kembali dilaksanakan tahun ini,” kata Sangadi.

Lanjutnya, pada pelaksanaan festival Mongulipot ini masyarakat menyiapkan makanan dan minuman yang dikumpulkan di tenda-tenda di lokasi pelaksanaan kegiatan. “Untuk tahun ini masyarakat menyiapkan 13 tenda, yang terdiri dari 12 tenda RT dan 1 tenda karang taruna. Selain itu, di rumah-rumah warga juga menyiapkan makanan,” ungkap Sangadi sembari menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati dan rombongan yang turut meramaikan agenda rutin Pemdes dan masyarakat Mopait ini.

Sementara itu, PJ Bupati Bolmong Limi Mokodompit dalam sambutannya, mengapresiasi Pemerintah dan seluruh Masyarakat Desa Mopait atas terselenggaranya Festival Mongulipot.

“Ini adalah tradisi yang sarat makna yang harus terus dilestarikan. Pada pelaksanaan kegiatan festival Mongulipot yang merupakan rangkaian kegiatan halal BI halal ini banyak tarian-tarian yang ditampilkan. Ini yang harus dipertahankan,” kata Bupati.

Dikesempatan itu, PJ Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk saling memaafkan satu sama lain, dimomen halal BI halal kali ini.

“Semoga semangat Ramadhan yang telah di jalankan tetap terpelihara dan kita pun dapat mengendalikan diri dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Mari kita saling maaf memaafkan,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Mokodompit juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat jika selama menjabat sebagai PJ Bupati Bolmong selama 2 tahun, ada kesalahan dan kekhilafan.

“Bulan Mei mendatang saya akan kembali ke Provinsi sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Tugas sebagai Penjabat Bupati tinggal satu bulan lagi. Oleh sebab itu, melalui kesempatan ini saya mohon maaf atas segala khilaf dan salah,” ucap Limi.

“Terakhir harapan saya Festival Mongulipot di Desa Mopait bukan hanya menjadi ajang hiburan semata, namun juga momentum untuk mempererat tali silaturahmi kita semua,” pungkas Limi.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, ditampilkan juga pagelaran seni dan budaya diantaranya tari-tarian dan qasidah.

Acara festival Mongulipot ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Forkopimcam, kepala Desa Mopait dan jajaran, seluruh tokoh agama, adat, serta seluruh masyarakat yang berada di wilayah tersebut.(Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *