Usai Ikuti Bimtek, PPS Siap Bergandengan Tangan Sukseskan Pilkada Bolmut 2024

Matapena.news – “Melakukan yang terbaik saat ini akan menempatkanmu di tempat terbaik untuk momen berikutnya,” Oprah Winfrey. Kalimat inilah yang mungkin menggambarkan alasan pelaksaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Orientasi Tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang digelar pada hari libur, ahad (26/05/2024).

Tentunya ini bukanlah hal yang mudah bagi para Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) . Pasalnya, Hari Minggu yang seharusnya waktu untuk beristirahat, para komisioner malah lebih memilih untuk melakukan Bimtek bagi para anggota PPS, demi mewujudkan Pilkada Serentak 2024, yang damai yang berasakan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

Bacaan Lainnya
Momen foto bersama salah satu Ketua PPK Kaidipang dengan Sejumlah Ketua PPS di Kec. Kaidipang, paska pelaksanaan Bimtek Orientasi Tugas, yang digelar di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut, Minggu (26/05/2024). Foto: Dok. PPK Kaidipang

Ketua KPU Bolmut, Jamaludin Djuka menuturkan bahwa apa yang dilakukannya bersama rekan-rekan Komisioner adalah bentuk komitmen mereka terhadap tugas dan kewajibannya dalam menyukseskan proses demokrasi yang akan berlangsung pada 27 November 2024 nanti. Meskipun harus mengorbankan waktu istirahat.

Hal ini diperlukan, lanjut Djuka, agar nantinya para anggota PPS yang akan bertugas telah dibekali pemahaman yang mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam penyelenggaraan Pilkada. Tujuannya agar dapat meminimalisir dan mencegah kesalahan ataupun kekeliruan selama tahapan pilkada.

“Giat-giat seperti ini, sangat penting. Sebab PPS adalah ujung tombak bagi penyelenggara. Karena, merekalah yang nantinya akan selalu berhadapan langsung dengan Pemilih (Masyarakat, red), ” ucap Djuka saat di wawancarai media ini, Senin (27/05/2024).

Djuka pun mengungkapkan Lebih baik menggunakan waktu saat ini sebaik-baiknya, demi mempersiapkan  penyelenggara yang kompoten dan memiliki wawasan yang mumpuni soal Kepemiluan. Sehingga, pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini bisa terlaksana secara aman dan damai.

“Selaku penanggung jawab penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 di Bolmut, Kami selaku Komisioner, akan berupaya menghadirkan SDM yang siap dan berintegritas dalam menjalankan tugas pada pelaksanaan pesta demokrasi ini,” tuturnya.

Usai pelaksanaan Bimtek tersebut, sejumlah PPS menyatakan siap bergandengan tangan menyukseskan Pilkada Tahun 2024.

Hal ini seperti yang disampaikan Ketua PPS Desa Kuala Utara Mayang Manopo. Ia dan rekan-rekannya menyatakan siap berupaya untuk menghadirkan proses pemilihan kepala daerah yang jujur, adil, dan berintegritas.

“Kita semua memang menginginkan Pilkada Bolmut berjalan aman dan damai. Dan kami akan berupaya melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Namun, kami juga berharap semua masyarakat dapat mendukung kinerja PPS demi kesuksesan Pillada 2024,” ucapnya.

Diketahui, kegiatan Bimtek Orientasi Tugas PPS se-Kabupaten Bolmut pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 yang dihadiri Bawaslu, Polres, Kejaksaan, Kesbangpol sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan ini digelar di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati, pada Ahad, 26/05/2024 (pukul 15.00 Р22.00 Wita)  .

(Ndy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *