Sambut Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi, PJ Bupati Bolmong Optimis Desa Doloduo II Bisa Juara

Matapena.news, Bolmong – Didampingi sejumlah pejabat teras, Penjabat (PJ) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Jusnan Mokoginta, menyambut kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bertempat di Desa Doloduo Dua, Kecamatan Dumoga Barat, Rabu 5 Juni 2024.

Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulut itu mengangkat tema “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas.”

Bacaan Lainnya

Mewakili Kabupaten Bolmong dalam perhelatan lomba desa tingkat provinsi Sulut, Desa Doloduo II dinilai paling siap dan paling layak.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Bolmong, dr Jusnan C. Mokoginta. Menurutnya, dilihat dari kesiapan berbagai aspek, Ia optimis Desa Dolodua II mampu bersaing di tingkat provinsi dengan desa-desa lainnya di Sulut, yang sudah tentu memiliki kriteria yang tidak kalah hebat dari Desa Doloduo II.

“Optimisme ini bukan tanpa alasan. Jika dilihat dari kemajuan Desa Doloduo II selang beberapa tahun terakhir, saya meyakini dan tentu mendoakan Desa Doloduo II bisa meraih juara di tingkatan Provinsi,” aku Mokoginta.

Mulai dari pengelolaan administrasi kata Bupati, desa ini sudah menggunakan sistem website informasi desa, dan pengelolaan administrasi lainnya yang sudah berbasis aplikasi. Selain itu, desa ini juga memiliki hasil UMKM yang punya ciri khas dan cita rasa yang tidak kalah enak dengan produk-produk UMKM dipasaran.

“Ada juga hasil UMKM, berupa kripik pisang dengan nama khas bonbonde yang punya cita rasa tersendiri dan bisa dipasarkan,” terang dr Jusnan Mokoginta.

Sementara itu, tim penilai dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, yang diwakili kepala Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), mengatakan lomba desa yang diselenggarakan itu merupakan ajang tahunan. “Ajang ini digelar untuk menilai perkembangan desa diseluruh wilayah Sulut,” ucap Marcellino Lomban.

Lomban berharap, pemerintah desa dalam proses penilaian nanti bisa memberikan data yang lengkap dan akurat sesuai dengan apa yang diminta oleh tim penilai. “Saya harapkan kepada Kepala Desa beserta perangkat dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan,” kata Marcelino lomban.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta, Para Asisten Sekda, Kepala Dinas PMD Bolmong, Kabid Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Marcellino Lomban, bersama rombongan, Kapolsek Dumoga Barat, Camat Dumoga Barat, serta para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Bolmong dan masyarakat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *