Maksimalkan Data Pemilih, KPU Bolmut Hadirkan Badan Ad Hoc Pada Rakor Finalisasi Coklit

Matapena.news – Sebanyak 376 Peserta dihadirkan Komisi Pemiliha Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan pada Rabu (17/07/2024).

Diketahui, pelaksanaan Rakor yang diselenggarakan KPU Bolmut tersebut bertempat di Mercure Manado Tateli Beach Resort dan berlangsung selama tiga hari yakni Rabu – Jumat (17-19/07/2024).

Bacaan Lainnya

“Rakor ini terkait Pencocokan dan Penelitian, Finalisasi, Sinkronisasi dan Penyusunan Laporan Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pilkada Serentak Tahun 2024,” ucap Kepala Divisi (Kadiv) Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bolmut, Mernie Linda Wungkana, ketika menyampaikan Sambutannya pada pembukaan acara tersebut, Rabu (17/07/2024).

Kadiv Linda pun menuturkan, kegiatan tersebut di dikuti ratusan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarli), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di enam kecamatan yang ada di Bolmut.

“Pesertanya, seluruh Pantarli di Bolmut yakni 239 Orang, 107 PPS yang bertugas di Divisi Data dan seluruh PPK di 6 kacamatan sebanyak 30 Orang,” ucap Linda saat diwawancarai media ini.

Kadiv Linda pun menuturkan kegiatan ini merupakan upaya KPU Bolmut untuk memaksimalkan Proses Pencoklitan (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih pada Pilkada serentak tahun 2024, sebelum ditetapkannya DPS (Daftar Pemilih Sementara).

Kelima Komisioner KPU Bolmut saat menggelar Rapat Koordinasi terkait Pencocokan dan Penelitian, Finalisasi, Sinkronisasi dan Penyusunan Laporan Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pilkada Serentak Tahun 2024, yang bertempat di Mercure Hotel, Rabu (17/07/2024). Foto: zhandy/Matapena

“Kegiatan ini untuk mengevaluasi dan mengkoordinasikan berbagai temuan yang diperoleh Pantarli selama melakukan proses pencoklitan. Hal Ini sangatlah penting, demi terciptanya pemilihan yang adil dan memastikan semua warga Bolmut, yang memenuhi syarat sebagai pemilih dapat menggunakan hak pilihnya,” tuturnya.

Diakhir penyampaiannya Linda menegaskan laporan dari hasil pemutakhiran data pemilih inilah, yang nantinya akan menjadi acuan dalam melaksanakan berbagai tahapan-tahapan selanjutnya dalam proses Pilkada Serentak tahun 2024.

“Pembahasannya salah satunya yakni penyampaian dan pengelompokan berbagai temuan selama proses coklit, kendala yang dihadapi, serta rekomendasi untuk perbaikan di masa mendatang,” tegas Linda.

Berdasarkan pantauan media ini, pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Bolmut, Polres Bolmut, sejumlah staf kesekretariatan KPU Bolmut, serta sejumlah Insan Pers.

(Ndy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *