Matangkan Persiapan Pilkada, KPU Gelar Rakor Tahapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel

Matapena.news, Bolsel – Jelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar rapat koordinasi (Rakor) tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Bolsel, Stenly Eskolano Kakunsi didampingi empat komisioner lainnya Kadiv Teknis Fijay Bumulo, Kadiv Hukum Liswan Lumali, Kadiv Parmas dan SDM, Marlia Lumali dan Kadiv Data Sayful Tontoli, serta Sekretaris KPU Bolsel ini, digelar di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Jumat 26 July 2024.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi, dalam sambutannya mengatakan, tahapan pencalonan akan dimulai tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024 mendatang.

“Pada kegiatan ini juga kita menghadirkan narasumber langsung dari institusi yang akan mengeluarkan surat pernyataan, atau surat keterangan dari instansi, seperti Dinas Pendidikan terkait dengan ijazah, pihak Dinas Kesehatan terkait dengan syarat kesehatan, kemudian dari pengadilan dan kejaksaan dan yang mana berkaitan dengan syarat pencalonan,” ungkap Eskolano.

Lebih Lanjut Eskolano mengatakan, sebelum tahapan pendaftaran dimulai bulan depan, Parpol-parpol yang akan ikut dalam kontestasi pilkada Bolsel ini masih memiliki waktu untuk menyiapkan dokumen yang harus dipenuhi sebagai persyaratan pencalonan bupati dan wakil bupati.

“Dan ini menjadi kewajiban kami untuk melaksanakan sosialisasi terkait, dengan ketentuan PKPU Nomor 8 Tahun 2024, yang agak berbeda pencalonannya dibandingkan dengan tahun 2020 lalu. Oleh karena itu, mari sama-sama kita saling berbagi informasi, terkait teknis-teknis pencalonan yang sudah ditentukan,” tutup Kakunsi sembari membuka secara resmi kegiatan rakor tersebut.

Di tempat yang sama, Kadiv Teknis KPU Bolsel Fijay Bumulo menambahkan,  kegiatan pada hari ini adalah rangkaian tahapan pencalonan. Dikatakannya, untuk proses pendaftaran Pemilukada ini digelar serentak untuk kabupaten kota yakni dimulai pada 27 sampai 29 Agustus mendatang.

“Namun untuk Bolsel, itu dimulai dari tanggal 24 hingga 26 Agustus, dan pada hari ini menjadi bagian dari sosialisasi terkait dengan tahapan pencalonan,” pungkasnya.

Turut hadir Bawaslu Bolsel, SKPD teknis di lingkungan Pemkab Bolsel, perwakilan TNI AD dan AL, perwakilan dari Parpol peserta Pemilu, Camar, Pimpinan OKP, Tokoh Masyarakat, Media serta para staf Sekretariat KPU Bolsel. (Infotorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *