17 Satuan PAUD di Bolsel Ikut Sosialisasi Akreditasi

Matapena.news, Bolsel – Upaya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui tingkat pendidikan dini terus dilakukan.

Terbukti, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Pemerintah daerah menggelar Sosialisasi Akreditasi bersama BAN PAUD dan PNF Sulawesi Utara (Sulut), tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Sosialisasi akreditasi yang digelar di Lantai II Kantor Dikbud Bolsel, di Panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Senin 17 April 2023, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani diwakili Kabid PAUD Irma Paputungan.S

Sosialisasi akreditasi yang diikuti oleh 17 Satuan PAUD di Bolsel ini, dihadiri oleh anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulut.

Kabid PAUD Irma Paputungan mengatakan, satuan PAUD mengajukan permohonan akreditasi mandiri kepada pihak BAN PAUD Provinsi melalui aplikasi Sispena.

“Untuk 17 satuan PAUD yang mengajukan permohonan akreditasi mandiri ini terdiri dari 8 TK, 5 KB, 1 PKBM, dan 3 RA,” sebut kabid.

Lebih lanjut Kabid mengatakan, pelaksanaan sosialisasi akreditasi ini bertujuan untuk memaksimalkan koordinasi dengan BAN PAUD provinsi, terkait percepatan akreditasi PAUD kesetaraan di Bolsel.

“Upaya-upaya proses percepatan akreditasi ini menjadi fokus kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Diantaranya dengan menggelar bimtek manajemen BOS, pemberian sarana dan prasarana berupa laptop dengan sistem pinjam pakai.”

“Untuk fasilitas penunjang berupa laptop, sudah diserahkan 36 unit untuk 36 satuan PAUD, menyusul 66 unit lagi yang akan diserahkan dalam waktu dekat ini dari keseluruhan satuan PAUD di Bolsel yang berjumlah 102 PAUD,” sebutnya lagi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel Rante Hattani mengatakan, untuk tahun ini Pemkab menargetkan 102 satuan PAUD di Bolsel harus terakreditasi 100 persen.

“Itu adalah target kami. In syaa Allah, upaya-upaya percepatan akreditasi satuan PAUD di Bolsel, akan terlaksana dengan baik dan sesuai target tuntas di tahun 2023,” kata Hattani.

Diketahui, saat ini jumlah PAUD TK dan KB yang sudah terakrditasi B berjumlah 21 satuan, akreditasi C berjumlah 58, dan yang belum terakreditasi berjumlah 24 satuan PAUD. Untuk satuan PAUD yang belum terakreditasi. (Advetorial/feb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *