Wabup Hadiri Apel Kesiapan Personil Pengamanan TPS di Makopolres Bolsel

Matapena.news, Bolsel – Untuk menyukseskan pelaksanaan hari pencoblosan Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, jajaran Polres Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar apel kesiapan personil pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin 5 Februari 2024, di Halaman Makopolres Bolsel, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolsel, Deddy Abdul Hamid didampingi Kapolres Bolsel, AKBP Indra Wahyu Madjid SIK.

Bacaan Lainnya

Wabup Deddy Abdul Hamid dalam arahannya menyampaikan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan anggota Polres yang nantinya akan turun mengamankan semua TPS yang tersebar di 81 desa di Bolsel.

“Kesiapan personil yang nantinya akan mengamankan semua TPS ini diharapkan maksimal, agar pelaksanaan pencobolosan presiden dan pemilihan legislativ ini dapat berjalan tertib, aman dan lancar,” kata Wabup.

Tak lupa Deddy Abdul Hamid juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada TNI Polri dan instansi terkait atas sinergitasnya dalam mengawal dan mengamankan semua kegiatan pemerintah dan kemasyarakatan di wilayah hukum Bolsel.

“Tentu kita semua memiliki harapan yang sama, berharap pemilu 14 Februari mendatang dapat berjalan aman, lancar, damai dan sukses.”

“Oleh sebab itu, saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat bersama-sama dengan aparat hukum dan pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta turut andil dalam menyukseskan pemilu tahun ini,” tutup Wabup yang akrab disapa Ko’ Deddy ini.

Di tempat yang sama, Kapolres Bolsel, AKBP Indra Wahyu Madjid SIK mengatakan, semua perangkat yang terlibat dalam pengamanan mulai dari TNI, Polri, Linmas dan tenaga medis semua dikumpulkan pada apel gelar pasukan hari ini.

“Tujuannya, agar dapat diketahui kesiapan dari semua personil yang ditugaskan di masing-masing TPS, begitu juga tenaga medis. Semua personil pengamanan ini diharapkan dapat berkoordinasi dengan baik, agar pelaksanaan pencoblosan disemua TPS berjalan aman dan lancar,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Indra Wahyu Madjid memaparkan, dalam proses pengamanan pemungutuan suara ini, Polres Bolsel menugaskan 146 personel untuk memberikan pengamanan di 219 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Bolsel dengan pola pengamanan 1 personel Polri per 2 TPS yang dibantu oleh 2 petugas linmas dalam kategori TPS kurang rawan, sedangkan dalam kategori rawan dengan pola pengamanan 1 personel Polri dan 2 linmas untuk 1 TPS.

Selain itu, dalam pengamanan tersebut Polres Bolsel meminta personil BKO dari Brimob Inuai sebanyak 50 personil dan Samapta Polda Sulut sebanyak 50 personil yang sudah dibagi per kecamatan yang nantinya akan melakukan kegiatan monitoring dan patroli saat proses pemungutan suara.

“Pengamanan kami maksimalkan, demi kenyamanan dan keamanan masyarakat pada pesta demokrasi pemilihan presiden dan legislativ tahun 2024,” tutup Kapolres.

Diketahui, dalam pelaksanaan apel Gelar Pasukan ini melibatkan satuan pengamanan dari TNI, Personil Polres Bolsel, Linmas se kabupaten Bolsel, dan seluruh tenaga kesehatan serta dinas terkait.

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten I Setda Bolsel, Kadishub Bolsel bersama personil, Komisioner KPU, Dinas Kesehatan, Forkopimda, BNPB, BPBD, serta para Kapolsek dan jajaran se-Kabupaten Bolsel. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *