Kawal Semua Tahapan, Bawaslu Bolsel Awasi Proses Pendaftaran Bakal Pasangan Calon di KPU

Matapena.news, Bolsel – Guna memastikan  semua tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil bupati (Wabup) tahun 2024 berjalan lancar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melakukan pemantauan proses pendaftaran bakal pasangan calon, di Kantor KPU, desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis 29 Agustus 2024.

Ketua Bawaslu Wira Bidjuni didampingi Pimpinan Bawaslu Hirsan Mohammad, Koordinator Sekretariat Verawaty Kaawoan beserta staf hadir langsung memantau proses pendaftaran pasangan Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid, yang mendaftar pada siang hari, disusul bakal calon lainnya, Arsalan Makalalag dan Hartina Badu pada malam hari.

Bacaan Lainnya

Kepada awak media, Ketua Bawaslu Wira Bidjuni menjelaskan bahwa kehadiran pihaknya di KPU bertujuan memastikan partai politik yang mengusung calon telah memenuhi segala persyaratan sesuai aturan yang berlaku.

“Sejak tiga hari terakhir, Alhamdulillah sudah ada beberapa pasangan calon yang resmi mendaftarkan diri untuk Pilkada 2024,” jelas Wira.

Bidjuni menambahkan, terpantau proses pendaftaran bakal pasangan calon berjalan baik dan lancar. Sampai dengan sore hari ini katanya, salah satu partai yang telah melengkapi seluruh persyaratannya di KPU adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Selain memantau pendaftaran, Bawaslu Bolsel juga menyoroti pentingnya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) serta aparat desa dalam proses Pilkada.

Wira menegaskan tidak boleh ada keterlibatan pihak-pihak tersebut dalam upaya pemenangan salah satu calon.

“Tidak ada ruang bagi ASN maupun aparat desa untuk ikut terlibat dalam politik praktis,” tutupnya tegas.

Ia berharap, dengan adanya pengawasan ketat dari Bawaslu, pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolsel bisa berjalan sesuai prinsip demokrasi, jujur, dan adil.(Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *