Disematkan Gelar Bogani Ki Limi Oleh Tokoh Adat, Ini Tanggapan Pj Bupati Bolmong

Matapena.news, Bolmong – Bertempat di Rumah Dinas (Rudis) Bupati Bolaang Mongondow, di Lolak, Senin 27 Maret 2023, Penjabat (Pj) Bupati Limi Mokodompit, diberi gelar adat oleh tokoh adat Kabupaten Bolmong sekaligus pemerhati budaya, Chairun Mokoginta.

Prosesi pemberian gelar Bogani Ki Limi ini diawali dengan adat mobakid yang diikuti oleh para tokoh-tokoh adat. Hal itu disampaikan, tokoh adat dan pemerhati budaya, Chairun Mokoginta.

Bacaan Lainnya

Menurut Chairun, pemberian gelar adat ini dilakukan berdasarkan usulan-usulan masyarakat dan tokoh-tokoh adat di Bolmong. “Pemberian gelar adat ini telah melalui rapat bakid perwakilan seluruh tokoh- tokoh adat mulai dari tingkat desa dan Kecamatan se-Bolmong,” ucap Chairun.

Mantan Anggota DPRD Bolmonh ini menuturkan, pemberian gelar adat, bukan hanya kepada Limi Mokodompit, tetapi juga diberikan kepada Istri tercinta Ny Iryanti Suleha Uswanas Mokodompit, yang juga diberi gelar adat Boki Iryanti.

“Pemberian gelar adat kepada Bupat selaku pimpinan tertinggi di daerah Bolmong sudah sering dilakukan. Ini dijaring dari aspirasi masyarakat, kemudian dibahas pada pelaksanaan adat mobakid yang diikuti perwakilan tokoh adat se-bolmong. Dan berita acaranya ada,” terang Mokoginta.

Mokoginta menambahkan, penyandang gelar adat ini punya hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

“Yang bersangkutan bisa mendapatkan perlindungan adat dan kewajibannya harus melestarikan budaya yang berada di Bolmong,” jelasnya.

Usai menerima gelar adat Pj Bupati Limi berterima kasih kepada pemangku adat di desa, kecamatan maupun tokoh-tokoh adat atas gelar Bogani Ki Limi yang disematkan kepadanya.

“Atas nama pribadi dan keluarga saya menyampaikan terima kasih atas pemberian gelar adat kepada saya sebagai Bogani Ki Limi dan juga pemberian gelar adat kepada istri saya. Tentu penyematan gelar adat ini bukan hanya sebatas prosesi semata, namun pemberian gelar adat ini sarat makna dan tekandung tanggungjawab besar sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. In syaa Allah amanah dan kepercayaan masyarakat ini akan saya jaga sebaik-baiknya,” tutup Mokodompit.

Turut hadir dalam acara, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, Kapolres Kota Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim Bolmong, Letkol Topan Angker, Direktur PDAM Kamran Muktar, camat se Bolmong, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit, Pimpinan OPD Pemkab Bolmong, dan perwakilan tokoh adat tingkat kecamatan dan desa se-Bolmong.

(feb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *