Diterjang Banjir, Pemkab Bolmong Terima Bantuan DSP dari BNPB

Matapena.news, Bolmong – Bersama Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Penjabat (PJ) Bupati dr Jusnan Mokoginta menerima bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp 200 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia.

Bantuan DSP yang diterima langsung oleh PJ Bupati Bolmong, Sabtu 29 Juni 2024, bertempat di Posko darurat BPBD Kantor Kecamatan Dumoga Barat ini, digunakan untuk operasional penanganan darurat banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Bolmong.

Bacaan Lainnya

PJ bupati, pada kesempatan itu mengapresiasi gerak cepat pemerintah pusat dan provinsi yang langsung memberikan bantuan berupa DSP guna operasional penanganan bencana banjir di Bolmong. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Bolmong khususnya yang terdampak bencana, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas bantuan yang sudah diberikan,” ucap bupati.

“Bantuan ini akan sangat membantu kami dalam penanganan bencana yang melanda sejumlah wilayah di Bolmong yang terjadi Rabu 26 Juni lalu,” tambahnya.

Dikesempatan itu, Bupati juga memaparkan penanganan pemerintah daerah saat banjir menerjang pemukiman hingga perkebunan warga. “Gerak cepat tim Pemkab Bolmong, dalam hal ini BPBD bekerja sama dengan pemerintah kecamatan dan desa langsung mendatangi titik-titik terdampak bencana,” ungkapnya.

“Satu persyukuran tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, hanya saja kerugian para petani sangat besar, karena kerusakan jaringan irigasi yang mengairi sekitar 300 hektar lahan pertanian. Begitu juga sejumlah sawah dan perkebunan yang diprediksi gagal panen,” kata Mokoginta.

Sementara itu ditempat yang sama, Tenaga ahli BNPB Pusat Brigjen TNI. Lukmansyah meminta agar Pemkab Bolmong segera memasukkan permohonan perbaikan fasilitas umum, baik jembatan maupun irigasi yang rusak akibat banjir ke BNPB Pusat.

“Kalau ada fasilitas umum, jembatan irigasi yang rusak segera ajukan ke BNPB, nanti BWSS akan membangun lewat dana dari BNPB, begitu juga jika ada rumah warga yang rusak kita akan bantu,” terangnya.

Setelah melakukan penyerahan, Pj Bupati, Sekda dan pihak BNPB turun langsung meninjau lokasi terjadinya banjir yang ada di Desa Doloduo II.

Sekedar informasi, selain bantuan DSP, Pemkab Bolmong juga menerima bantuan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana diantaranya tenda pengungsi 2 Unit, tenda keluarga 100 Unit, sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, selimut 300 lembar, matras  300 lembar, kasur lipat 100 Unit, pompa Alkon 5 Unit, Genset 2 Unit, Volbed 50 Unit, Light Tower 2 Unit dan Perahu Karet + dengan Mesin 1 Unit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli BNPB Brigjen TNI Bambang Eko Pratolo, dan staf BNPB, perwakilan BPBD Provinsi Sulut, para Asisten dan pimpinan OPD Setda Kabupaten Bolmong, TP PKK Bolmong, para Camat, Kapolsek dan Danramil Dumoga Barat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *