Iskandar-Deddy Serahkan Pagu ADD dan DDS Tahun Anggaran 2024 Kepada 81 Sangadi se-Bolsel

Matapena.news, Bolsel – Bersama Wakilnya Deddy Abdul Hamid, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, menyerahkan secara simbolis pagu Alokasi Dana Desa (ADD) dan DDS Anggaran 2024, kepada 81 Sangadi (Kepala desa) se-Bolsel, bertempat di Lapangan Futsal, Kompleks Perkantoran Panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Senin 8 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Iskandar mengatakan untuk tahun anggaran 2024, dana desa yang bersumber dari APBN untuk 81 desa di Kabupaten Bolsel berjumlah kurang lebih Rp. 59,8 milyar, bertambah 0,9% dari jumlah tahun lalu atau sekitar Rp.536 juta.

Bacaan Lainnya

“Desa yang menjadi penerima DD tertinggi masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Desa Milangodaa Barat, kemudian Momalia Dua di posisi kedua, dan Momalia Satu di posisi ketiga,” sebut Bupati.

Ia menegaskan, dengan adanya ADD dan DDS ini diharapkan penyelenggaraan program pemerintahan kemasyarakatan yang ada diseluruh desa dapat terlaksana dengan baik. Bupati Iskandar juga, meminta para Sangadi segera menyusun APBDes 2024 yang tetap berpedoman pada undang-undang.

“Kepada Dinas PMD, para Camat dan Sangadi agar saling berkoordinasi dan berkolaborasi agar tidak ada program-program yang tidak terselesaikan, serta laporkan kepada saya jika camat atau dari dinas PMD yang mempersulit terkait dana desa,” ungkapnya.

Ia juga meminta, Dana Desa dan ADD dapat dikelola dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas dari seluruh jajaran pemerintah desa.

“Perlu diingat, bahwa per Januari 2024, desa sudah secara penuh menggunakan Siskeudes online. Sistem ini menuntut ketepatan dan kecepatan karena pencatatannya sudah digital, dan dipantau oleh banyak pihak termasuk aparat penegak hukum dan KPK,” jelas Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, para asisten, pimpinan OPD, para Staf khusus Bupati, Camat, serta para Sangadi se-Kabupaten Bolsel. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *