Jamin Seluruh Kesehatan Masyarakat, Pemkab Bolsel Terima Penghargaan UHC Dari Pemerintah Pusat

Matapena.news, Bolsel – Upaya Pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam memberikan jaminan kesehatan 100 persen, diapresiasi Pemerintah pusat. Terbukti, keikutsertaan seluruh masyarakat dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS), Pemkab Bolsel diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diterima langsung oleh Bupati Iskandar Kamaru, di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Prof. Dr. (HC.) KH. Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Direktur Utama BPJS Kesehatan beserta jajaran dan para kepala daerah se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, bermutu dan tanpa hambatan finansial yang diwujudkan dalam JKN-KIS, di mana menurut data BPJS kesehatan pertanggal 1 Agustus 2024 jumlah pesertanya telah mencapai 98% dari total penduduk Indonesia.

“Capaian 98% tidak lepas dari peran, sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS kesehatan, Kementerian/lembaga dan seluruh pemerintah daerah,” ucap Wapres.

Sementara itu, Bupati Iskandar Kamaru didampingi Kepala Dinas Kesehatan Saiful Botutihe, Direktur RSUD Bolsel dr Sadly Mokodongan dan Kacab BPJS Kesehatan Bolsel mengatakan, jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah daerah merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

Pemerintah daerah kata Bupati, harus memastikan seluruh pemberi kerja mendaftarkan pekerja dan keluarganya sebagai peserta JKN-KIS, termasuk pekerja informal. Diakuinya masih banyak yang harus dievaluasi terkait permasalahan tunggakan peserta JKN-KIS dari kalangan mampu dan pembayaran iuran BPJS kesehatan yang macet.

“Alhamdulilah UHC Award yang kita terima ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh jajaran pemerintah daerah,” kata Bupati.

“Saya berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif dan memastikan perlindungan kesehatan masyarakat Bolsel secara menyeluruh,” tutup Politisi PDI Perjuangan ini. (Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *