PJ Bupati Bolmong Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila

Matapena.news, Bolmong – Bertempat di Halaman Kantor Bupati, Jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu 1 Juni 2024.

Penjabat (PJ) Bupati Bolmong dr Jusnan Mokoginta bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup).

Bacaan Lainnya

Upacara dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta, Ketua DPRD Welty Komaling, Unsur Forkopimda, para Pimpinan OPD, Camat dan Sangadi, serta seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong.

Dikesempatan itu, dr Jusnan Mokoginta membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Prof Drs K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Dalam sambutan yang dibacakan PJ Bupati, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Bupati membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Jusnan melanjutkan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Ia juga mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

”Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud mengamalkan nilai Pancasila,” kata Jusnan

Diketahui, usai pelaksanaan upacara, Pj Bupati, didampingi Sekda, Ketua DPRD dan para Kepala OPD, turut menyerahkan sejumlah piagam penghargaan dan hadiah uang tunai kepada setiap Desa pemenang lomba monuntul tingkat Kabupaten Bolmong.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *