KPU Bolsel Deklarasikan Kampanye Damai pada Pilkada Serentak 2024

Matapena.news, Bolsel – Usai pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar deklarasi kampanye damai pada pilkada serentak tahun 2024.

Deklarasi kampanye damai yang digelar di Halaman Kantor KPU Bolsel, Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki, Senin 23 September 2024, berjalan aman dan sukses.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini turut dihadiri, Pasangan calon bupati dan wakil bupati, Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid, dan pasangan calon Arsalan Makalalag-Hartina Badu, ketua dan pengurus parpol pendukung, jajaran Bawaslu Bolsel, para simpatisan pendukung dan para tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Bolsel Stanly E. Kakunsi dalam sambutannya menyampaikan, sebelum pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon, KPU sudah menyelesaikan tahapan rapat pleno kabupaten penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dan juga sudah menghadiri rapat peleno penetapan DPT tingkat provinsi.

“Tanggal 19 September 2024 kami telah menetapkan DPT di tingkat Kabupaten, dan tanggal 22 September rekapitulasi di tingkat Provinsi,” sebut Eskolano.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Bolsel dua periode ini memaparkan, jumlah pemilih yang tercatat dalam DPT untuk Pilkada 2024, berjumlah 52.834 pemilih yang tersebar di 126 TPS yang ada di 7 kecamatan dan 81 Desa.

Lebih lanjut, Kakunsi menyampaikan, masa Kampanye akan di mulai pada 25 September sampai dengan 23 November 2024.

Eskolano mengimbau, kepada kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati, partai-partai Pengusung, para pendukung, simpatisan dan seluruh masyarakat agar dapat bersama-sama menyukseskan jalannya pilkada Bolsel yang aman dan damai.

“Kami berharap masing-masing pendukung pasangan calon dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta kesuksesan pilkada serentak di Bolsel. Jangan menebar fitnah dan saling menjatuhkan,” imbau Kakunsi.

“Junjung tinggi sportivitas dan etika politik selama kampanye berlangsung, dan jangan ada intimidasi atau tindakan yang merusak suasana Demokrasi,” tambahnya lagi.

Selain itu, Eskol juga mengajak kepada semua pihak terkait untuk merayakan pesta Demokrasi ini dengan penuh riang gembira dan menghargai perbedaan serta selalu menjaga ketertiban bersama.

“Kedua pasangan calon ini merupakan putra-putri terbaik Daerah. siapapun yang terpilih nanti adalah yang terbaik untuk memimpin Bolsel selama lima tahun ke depan. Untuk itu, kami mengajak semua pihak untuk mematuhi aturan yang telah disepakati bersama,” ungkap Eskol sapaan akrabnya.

Ia berharap, semua pihak dapat turut andil dalam pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepada daerah yang santun, sehatdan damai. Silahkan berkompetisi dengan baik jaga keharmonisan di tengah masyarakat.

“Mari sama-sama kita wujudkan Pilkada yang damai dan bermartabat demi kemajuan daerah yang sama kita cintai ini. Hindari penyebaran hoaks, politik uang, dan segala bentuk tindakan negatif lainnya,” tutup Eskolano.

Diketahui, kegiatan Deklarasi ini diawali dengan pembacaan doa dan persembahan tarian mopotiro atau tarian selamat datang yang diperagakan oleh sanggar peredam. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Damai oleh KPU Bolsel Stanly E. Kakunsi dan diikuti kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, serta Penandatangan Deklarasi Pilkada Damai.(Feb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *