Pemkot Kotamobagu Gelar Bimtek Penyusunan LPPD

Matapena.news Kotamobagu — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Selasa 07 Maret 2023.

Bimtek LPPD tahun 2023 tersebut, dibuka langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, yang turut didampingi oleh Narasumber dari Ditjen Otda Kemendagri, yakni Benny Kamil menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya Otda, Ronne Allan Carry Kalalo, sebagai Pengevaluasi Program dan Kinerja Wilayah 1 A, dan Assisten I Pemkot, Nasli Paputungan, dan pimpinan serta kasubag program di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekkot Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, yang mewakili Walikota, Tatong Bara, mengatakan, sesuai permendagri nomor 18 tahun 2020, tentunya Bimtek ini perlu dilaksanakan karena ada beberapa perubahan yang harus dievaluasi.

“Karena Permendagri nomor 18 tahun 2020 telah terjadi perubahan, termasuk di dalamnya metode monitoring dan evaluasi terkait penyusunan LPPD, maka dari itu, Pemkot harus melakukan bimtek sebagai dasar,”katanya.

Selanjutnya, Dirinya juga menambahkan, dalam rangka mewujudkan desentralisasi ini, tentu pemerintah daerah selalu dimonitoring dan dievaluasi oleh pemerintah pusat.

“Dimana Monev yang dilakukan ini untuk melihat sejauh mana tahapan pengambilan atau pelaksanaan kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah, nah hasil evaluasi ini nantinya menjadi bahan masukan dalam rangka pengambilan kebijakan untuk perencanaan pembangunan, tentu sesuai dengan potensi dan kapasitas masing-masing daerah,” terangnya.

Sofyan berharap, kepada peserta agar dapat mengikuti bimtek dengan baik dan bermanfaat.

“Tentu jika kita mengikuti bimtek ini dengan baik pada saat penyusunan nanti, apa yang diharapkan dari outputnya akan bisa baik, terutama terkait pemenuhan dokumen atau informasi terkait capaian dan indikator, tandasnya.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *