Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024, KPU Bolmut Gelar FGD Dengan Seluruh OKP

Matapena.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan suluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), Selasa (23/07/2024)

Agenda FGD tersebut membahas tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Sulawesi Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmut).

Bacaan Lainnya

Pantauan media ini, Acara tersebut digelar secara terbuka dan santai yang bertempat di Aula Swimingpool Desa Nagara, Kecamatan Bolangitang Timur.

Diskusi yang berlangsung interaktif ini, bertujuan untuk membangun literasi dalam proses demokrasi, sekaligus memastikan tingkat pemahaman dan pengetahuan yang mendalam terkait tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang akan dilalui, terutama dikalangan pemuda yang kebanyakan tergolong sebagai pemilih pemula.

Ketua KPU Bolmut Jamaludin Djuka menyampaikan kegiatan FGD ini diharapkan dapat menjadi langkah yang baik dan efektif dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih serta bisa menciptakan arus politik yang berintegritas sehingga tercipta proses demokrasi yang berkualitas di Kabupaten Bolmut.

“Kami (KPU Bolmut) pun mengajak kepada seluruh OKP untuk bisa berperan aktif dalam setiap tahapan pilkada. Agar asas pemilu yang LUBER serta JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia serta (Jujur dan Adil), benar-benar bisa terjadu,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu juga, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bolmut, Supriadi Goma, turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi tersebut.

Dokumentasi Foto Bersama Komisioner KPU Bolmut, Ketua PC NU Bolmut Selaku Narasumber dan seluruh perwakilan OKP yang ada di Bolmut.

Sebagai pemateri, Supriadi Goma menekankan pentingnya peran OKP dalam mengawal derasnya arus politik saat ini terutama dalam mewujudkan proses demokrasi sesuai amanat Undang-Undang.

“Partisipasi aktif dari organisasi kepemudaan sangat penting untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan transparan. Kita harus bekerja sama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka dalam pemilu,” ujarnya.

Pantauan media ini sekitar 30-an OKP hadir dalam kegiatan tersebut. Juga turut hadir Komisioner Firman Sy Stion, Divisi Sosdikli, Parmas & SDM KPU Bolmut.

(Ndy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *