Peringati Hari Anak Nasional, FAD Bolmut Suarakan 10 Harapan Ke Provinsi

Yani Lasama beserta Kepala Bidang dan Staf Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dinas PPKBPPA, melakukan foto bersama dengan FAD Bolmut dengan pose tolak kekerasan terhadap Anak, Rabu/22/06/2022. Foto: Dok. FAD Bolmut

Matapena.net – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Lahirkan 10 poin yang menjadi keharusan bagi kemajuan Daerah.

Informasi yang dirangkum media ini, 10 poin tersebut dicetuskan secara bersama-sama oleh perwakilan anak di seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Bomut, lewat rapat FAD.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan rapat tersebut, diselenggarakan di salah satu cafetaria yang ada di Kawasan Pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang, Bolmut, pada Selasa (21/06/2022).

“Dari hasil kesepakatan rapat Kemarin (Selasa/21-06-2022, red), kami dari FAD Bolmut telah menyusun dan melahirkan 10 Rekomendasi, terkait keluhan seluruh perwakilan anak dari setiap desa yang ada di bolmut,” ungkap Wakil ketua FAD Rivo Mustafa, Rabu (22/06/2022).

FAD Bolmut saat menyerahkan 10 rekomendasi terkait kehidupan anak, kepada Dinas PPKBPPA, bertempat di salahsatu Cafetaria yang ada di kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang, Bolmut (Rabu, 21/06/2022), Foto: Dok. FAD Bolmut 

Rivo menyampaikan ke 10 rekomendasi tersebut telah kami sampaikan ke Dinas
PPKBPPA Bolmut dan rencananya hari ini (Rabu/22-06-2022, red) akan dikirimkan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), untuk diteruskan ke Pusat.

“Saya atas nama FAD Bolmut berharap, apa yang menjadi rekomendasi kami dapat terrealisasikan. Sebab kami yakin, ke 10 rekomendasi tersebut, bisa menunjang ketersediaan SDM untuk masa depan Bolmut,” cetus Rivo.

Kepala Dinas PPKBPPA Yani Lasama mengutarakan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh FAD Bolmut yang ikut berjuang memberikan kontribusi, baik pikiran maupun tenaga, dalam memajukan kabupaten Bolmut ini.

“Saya selaku Kadis PPKBPPA, berharap koordinasi antar seluruh organisasi/lembaga, yang khususnya bergerak dibidang perempuan dan anak (PA) ataupun tenaga profesi yang juga terlibat dengan keberlangsungan PA , akan selalu berjalan harmonis dan searah demi kemajuan dan kebaikan Bolmut kedepannya,” ucap Lasama.

Diketahui, adapun 10 rekomendasi FAD Bolmut tersebut, yakni:

1. Memohon kepada pemerintah, agar Setiap desa harus mempunyai perpustakaan desa untuk lebih meningkatkan minat literasi anak

2. Memohon kepada pemerintah, agar sekolah yang berada di kabupaten Bolmut, keseluruhannya bisa dijadikan sebagai sekolah ramah anak, dengan terpenuhinya sarana dan prasarana yang sesuai standar SRA.

3. Memohono kepada pemerintah, untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap penjualan rokok dan miras terhadap anak-anak.

4. Mendukung pemerintah untuk mengurangi angka peningkatan pernikahan di bawah umur dengan melakukan sosialisasi ANDINI (Antisipasi pernikahan dini), sesuai dengan ketentuan 26 Ayat 1 huruf C Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak

5. Memohon kepada pemerintah untuk membuat sarana prasarana berupa Sekolah Luar Biasa untuk pemenuhan anak Disabilitas

6. Memohon kepada pemerintah untuk membuat sarana prasarana berupa sanggar kebudayaan untuk pemenuhan kreativitas anak

7. Memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan pemerataan bantuan sosial kesehatan pendidikan sampai ke pelosok desa

8. Memohon kepada pemerintah untuk pemerataan layanan kesehatan untuk ibu pada masa kehamilan agar dapat menekan angka Stunting di Kabupaten Bolmut.

9. Memohon kepada pemerintah agar bisa membantu melestarikan bahasa dan budaya daerah Kabupaten Bolmut

10. Memohon kepada pemerintah untuk menerapkan internet sehat dan aman, termasuk menolak keras terhadap penyebaran Hoaks dan konten negatif lainnya, yang dapat merusak atau mengganggu proses tumbuh kembang anak.

(Zhandy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *